Masyarakat SAD Hutan Harapan

JAMBI - BPU - UNJA Komunitas yang tinggal di dalam hutan di Provinsi Jambi menamakan diri mereka dengan sebutan Orang Rimba. Sebutan Rimba mengacu pada tempat tinggal komunitas yang memilih berada di dalam hutan dataran rendah. Pola hidup mereka semi nomadik (berpindah) dengan sumber penghidupan dari berburu dan meramu hasil hutan.

Di Provinsi Jambi sendiri didiami oleh Hutan Harapan yang merupakan hutan tropis dataran rendah tersisa di Sumatera yang merepresentasikan sekitar 20 persen keanekaragaman hayati. Kawasan hutan ini merupakan konsesi Restorasi Ekosistem pertama di Indonesia. Berlokasi di perbatasan provinsi Jambi dan Sumatera Selatan dengan luas 98.555 hektare (sumber: hutan harapan.com)


Baca Juga

Kendali Diri George Washington
Kerendahan Hati Dwight D. Eisenhowe
Kemurahan Hati Oseola Mc.Carty


Komunitas Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di dalam dan sekitar kawasan hutan harapan merupakan komunitas adat yang hidup dalam situasi marginal dan terbelakang akibat kebijakan masa lalu yang tidak berpihak kepada pola penghidupannya. Kehidupan sehari-hari sangat bergantung pada ketersediaan pasokan dari sumber daya hutan.


Seiring rotasi globalisasi saat ini, proses stagnansi transformasi masyarakat SAD yang berhadapan dengan social, ekonomi dan budaya mengundang rasa empati banyak pihak dengan berbagai bentuk dan program, baik DUDI, pemerintah dan mereka yang manaruh pandangan social untuk bagaimana masyarakat SAD memiliki kemampuan tanggap social, kemandirian ekonomi, dan mampu menyesuaikan diri dengan linkungan dalam upaya menjadi anggota masyarakat yang utuh pada umunya tanpa harus mengikis eksistensi warisan leluhurnya. Badan Pengelola Usaha UNJA Selasa, 07 Februari 2023 diketuai Tedjo Sukmono Bersama TIM lainnya turut ikut manaruh perhatian menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat SAD Hutan Harapan Jambi, kegiatan ini berangkat dari rasa tanggung jawab social kami bagi mereka yang memerlukan perhatian dan uluran bantuan ungkap tedjo.


Baca Juga;

Kerja Keras Eric Hoffer
Leonardo da Vinci (Mata yang Membedakan)
Kejujuran Thomas More

Share this article :
 

1 komentar :

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muhamad Hamdi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger