Macam-macam Tes Kemampuan Umum (Intelegensi)


Tes kemampuan umum (intelegensi), merupakan salah satu teknik dalam melakukan Assesmen, ditinjau dari perspektif bimbingan dan konseling asesmen tersebut terdiri dari beberapa klasifikasi yang diuraikan sebagai berikut (Hays, Danica G,2013).

A. Asesmen kelompok versus individu

Perbedaan dari kedua hal tersebut terletak pada jangka waktu dan subjek yang diteliti. Asesmen kelompok dilakukan pada banyak subjek dan membutuhkan waktu yang singkat serta tidak membutuhkan banyak biaya. Sedangkan asesmen individu membutuhkan ijin terlebih dahulu sebagai syarat kelengkapan administrasi. Penggunaan assesmen individu dilakukan dengan cara mengambil sampel dari populasi seperti anak-anak  atau  orang  yang  mempunyai  kebutuhan  khusus. Penggunaan asesmen individu membutuhkan data yang terobservasi.

B. Asesmen terstandar versus tidak terstandar

Asesmen terstandar merupakan asesmen yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Terdapat prosedur yang harus dipatuhi dalam penggunaan asesmen terstandar ini. Hasil dari asesmen ini berupa skor yang objektif yang digunakan untuk menginterpretasikan data. Asesmen yang seperti itu digunakan untuk mengukur kecerdasan, bakat, minat, kepribadian, dan lain-lain. Asesmen yang tidak terstandar ini meliputi rating scales, projective techniques, observasi, dan pengukuran biografi. Asesmen ini tidak digunakan untuk mengukur dan menginterpretasikan data, akan tetapi digunakan untuk memperkuat data saja.

C.  Tes kecepatan versus tes kekuatan

Tes yang menekankan pada kecepatan biasanya merupakan tes yang mengukur kemampuan, tes tersebut merupakan tes yang harus dijawab dengan cepat  dan  tanggap.  Tes  yang  menekankan  pada  kekuatan merupakan tes yang  harus dijawab dengan batasan waktu tertentu, meskipun kecepatan dibutuhkan dalam menjawab tes ini, akan tetapi kecepatan tidak menentukan tingkat perolehan skor yang tinggi. Tes tersebut diantaranya tes kecerdasan, tes bakat, dan tes prestasi
Berdasarkan beberapa klasifikasi asesmen tersebut di atas, selanjutnya dipaparkan teknik tes dalam hal ini tes kemampuan umum yang selanjutnya lebih di kenal dengan tes intelegensi.
 
Dalam melakukan layanan bimbingan dan konseling penggunaan tes intelegensi merupakan satu diantara Asesmen  teknik  tes  yaitu  teknik  pemahaman  individu  melalui pengumpulan data/keterangan/informasi diri siswa dalam lingkungannya dengan   menggunakan   instrumen/alat   yang   baku   atau terstandar. Asesmen    teknik    tes    hanya    digunakan    oleh    sebagian guru BK/konselor    yang telah memiliki sertifikasi untuk menggunakan pengukuran teknik tes psikopedagogis. Di Indonesia, organisasi profesi bimbingan dan konseling telah memfasilitasi guru BK/konselor dengan adanya sertifikasi tes bagi konselor pendidikan diselenggarakan oleh IIBKIN di bawah naungan ABKIN, atas kerjasama Universitas Negeri Malang, ABKIN dan Depdiknas.

Salah satu definisi inteligensi yang umumnya dipergunakan banyak orang ialah definisi yang dikemukakan oleh David Wechsler (1966) (dalam Yapsir Gandhi W dan Triyono, 2008). Wechsler mendefinisikan inteligensi sebagai kapasitas keseluruhan dari individu untuk bertindak dengan bertujuan, berpikir secara rasional, dan menangani lingkungannya secara efektif.
Adapun macam-macam tes intelegensi tersebur diuraikan sebagai berikut:

a.  Tes Binet-Simon

Tes Binet-Simon ialah tes inteligensi pertama yang dibuat oleh Alfred Binet dan Theophile Simon pada tahun 1904 sebagai jawaban atas permintaan Departemen Pendidikan di Perancis. Tes ini menyajikan pertanyaan- pertanyaan sehari-hari yang sederhana yang menghendaki berbagai kemampuan mental anak-anak. Pertanyaan-pertanyaan itu disusun dan disajikan dari yang paling mudah sampai yang paling sukar. Banyaknya pertanyaan yang dapat dijawab merupakan skor mental age”-nya, yang biasa disingkat sebagai MA.
Tes ini kemudian direvisi oleh Lewis M. Terman di Stanford University di AS pada tahun 1916 yang selanjutnya dikenal sebagai the Stanford Binet Test. Revisi ini dimaksud  untuk menyesuaikan tes tersebut dengan bahasa dan budaya Amerika. Pada revisi Stanford ini, MA dibandingkan dengan usia kalender anak atau CA (chronological age) untuk mendapatkan nilai IQ. Revisi-revisi selanjutnya dilakukan berturut-turut pada tahun 1937, 1960, dan 1972, yang banyak sekali memberikan perubahan-perubahan, hingga pada hakekatnya Tes Stanford-Binet ini telah menjadi suatu tes inteligensi yang baru dengan norma dan skala yang lebih luas yang dapat dipakai pula mengukur IQ orang dewasa.

b. WISC dan WAIS

WISC dan WAIS, singkatan dari Wechsler Intelligence Scale for Children (untuk anak-anak), dan Weghsler Adult Intelligence Scales (untuk orang dewasa) ialah tes inteligensi yang dikembangkan oleh David Wechsler antara tahun 1939 dan 1958. Berbeda dengan tes Binet, tes ini berisikan sejumlah sub-tes performance dan sub-tes verbal yang sama banyaknya, yang dapat diskor secara terpisah atau bersama-sama sebagai IQ keseluruhan.
Di samping perannya sebagai tes inteligensi, WAIS sering kali digunakan bersama-sama dengan tes Rorschach dan Thematic Apperception Test untuk membuat evaluasi klinik. WAIS terutama membantu untuk mengukur penyesuaian emosional individu pada situasi yang menuntut kemampuan intelektual. Tes ini mencerminkan antara lain konsep-diri subyek, kemampuannya untuk bekerja di bawah tekanan waktu, konsentrasinya, sikapnya terhadap otoritas, dan sebagainya.
Kedua tes inteligensi di atas, Binet-Simon dan Wechsler, merupakan tes individual, yakni tes yang hanya dapat dilaksanakan untuk perorangan, artinya seorang demi seorang dan bukannya bersamaan dalam suatu kelompok, sedangkan tes-tes inteligensi berikut ini dapat dikenakan untuk kelompok. Tes demikian biasa disebut tes kelompok.

c. Goodenough Draw-a-Man Test

Goodenough Draw-a-Man Test (1926) ialah salah satu tes inteligensi untuk anak-anak yang dapat digunakan baik secara individual maupan kelompok. Tes ini  menghendaki anak-anak  menggambar seorang  laki-laki  sebaik yang dapat mereka lakukan. Gambar-gambar itu kemudian dinilai dengan cermat menurut norma-norma umur untuk bagian-bagian gambar tertentu seperti mata, hidung, telinga, rambut, ekspresi wajah, pakaian, di samping postur tubuhnya. Tes ini dapat dipakai untuk memperkirakan IQ anak.

d. SPM atau Standard Progressive Matrixes

SPM atau Standard Progressive Matrixes disusun Raven, dan merupakan salah satu tes inteligensi yang dikenal luas di Indonesia. SPM merupakan tes nonverbal yang menyajikan soal-soal dengan menggunakan gambar- gambar yang berupa figur dan desain abstrak, hingga diharapkan tidak tercemari oleh faktor budaya. Tes ini tidak menghasilkan IQ, melainkan skor yang dapat dibanding-kan dengan norma untuk menunjukkan tingkat kemampuan mental seorang anak.

e. CFIT atau Culture Fair Inlelligence Test

CFIT atau Culture Fair Inlelligence Test yang dikembangkan oleh R.B Gattell ini merupakan  tes inteligensi nonverbal. Tes ini menyajikan soal- soal yang menghendaki subyek memilih suatu desain yang tepat melengkapi suatu rentetan desain-desain tertentu, mencari figur geometris yang paling berbeda dengan figur-figur lainnya, dan sebagainya. CFIT juga banyak dipakai di Indonesia.

f. SAT

SAT ialah singkatan dari The  Scholastic Aptitude Test yang direncanakan oleh College Entrance Examination Board, suatu badan nasional di AS. Tes ini mengukur berbagai kemampuan seperti penalaran verbal, tentang matematika setingkat sekolah menengah atas, perbendaraan kata, dan penalaran kuantitatif. Tes ini secara luas digunakan di AS sebagai salah satu pertimbangan untuk dapat masuk perguruan-perguruan tinggi di AS, ataupun calon-calon mahasiswa dari luar AS.

g. Miller Analgies Test

Miller Analgies Test berisikan pertanyaan-pertanyaan yang menghendaki pe-mikiran analogi yang rumit yang diambil dari berbagai bidang akademis. Tes ini juga secara luas digunakan di AS sebagai salah satu pertimbangan dalam menseleksi calon-calon mahasiswa di perguruan tinggi, ataupun calon-calon karyawan di berbagai perusahaan.

h.  TIKI

TIKI ialah singkatan dari Tes Inteligensi Kelompok Indonesia. Tes ini dirancang dan dibuat oleh Peter J. Drength yang bekerja sama dengan UNPAD Bandung sekitar tahun 1976 dengan menggunakan sampel nasional di Indonesia untuk validasinya. Ada bentuk panjang dengan 14 sub-tes dan bentuk pendek yang hanya menggunakan empat sub-tes.

i. TPA

TPA ialah singkatan dari Tes Potensi Akademis yang juga semacam tes inteligensi yang dirancang dan dibuat oleh OTO BAPPENAS Jakarta. Tes ini secara luas dipakai di Indonesia. Berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia menggunakan nilai TPA sebagai salah satu syarat untuk masuk dalam program tertentu, terutama program S2 dan S3.

Kajian Lanjutan

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (2016) Modul Guru pembelajar; Bimbingan dan Konseling sekolah menengah pertama (SMP). Teori dan praksis Pendidikan; Konsep dan Praksis Asesmen.

Share this article :
 
Comments
0 Comments
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muhamad Hamdi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger