Uraian tentang standarisasi kompetensi bimbingan dan konseling karier di sekolah bertolak dari tugas-tugas perkembangan.
Ruang lingkup program bimbingan dan konseling karier di sekolah menurut Asosiasi bimbingan dan konseling Indonesia (ABKIN)
Tingkat Sekolah dasar (SD)
- Mengenal ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan
- Menghargai ragam pekerjaan dan aktivitas orang sebagai hal saling bergantung
- Mengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan
Sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP)
- Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri
- Menyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu
- Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri
Sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA)
- Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang terfokus pada pengembangan alternative karier yang terendah
- Internalisasi nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternative karier.
- Mengembangkan alternative perencanaan karier dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan ragam
Perguruan tinggi (PT)
- Memperkaya informasi yang terkait dengan perencanaan dan pilihan karier
- Menyakini nilai-nilai yang terkandung dalam pilihan karier sebagai landasan pengembangan karier
- Mengembangkan dan memelihara penguasaan perilaku, nilai dan kompetensi yang mendukung pilihan karier.
Adapun program pengembangan muatan karier Amarican School Counselor Association (ASCA); National Career Development Guidelines (NOICC);
dan Connecticut`s Common Core of Learning diuraikan sebagai berikut
American School Counselor Association (ASCA)
- Para siswa dapat memperoleh keterampilan melakakun investigasi terhadap dunia kerja terkait dengan pengetahuan diri dan pembuatan keputusan tentang
bidang karier yang diketahui - Para siswa dapat memanfaatkan berbagai strategi untuk meraih kesuksesan dan kepuasan karier di masa depan
- Para siswa dapat memahami relasi antara berbagai kualitas kepribadian disamping pendidikan dan latihan dengan dunia kerja
National Career Development Guidelines(NOICC)
- Pemahaman tentang cara pengambilan keputusan; kesadaran akan interelasi diantara peran hidup
- Kesadaran akan interaksi diantara berbagai peran hidup
- Kesadaran terhadap berbagai jabatan berbeda dan perubahan peran laki-laki/perempuan
- Kesadaran terhadap proses perencanaan karier
Connecticut`s Common Core of Learning
Para siswa dapat merengkuh karier sebagai bagian masa depan; memperoleh keterampilan siap kerja; menunjukkan sikap positif terhadap pekerjaan; menunjukkan sikap dan kebiasaan yang bernilai guna ditempat kerja; menelusuri rentangan karier; meraih pengetahuan tentang salah satu dari delapan kelompok karier. Ragam kompetensi tersebut merupakan wahana bagi peserta didik dalam mencapai tujuannya secara gemilang.
Pembagian pada ranah kompetensi karier peserta didik dijelaskan sebagai berikut:
INVESTIGASI ANEKA KARIER
“Para siswa memperoleh keterampilan melakukan investigasi terhadap dunia kerja terkait dengan pengetahuan diri dan penentuan pilihan karier”
Peserta didik dapat
Taman Kanak-kanak – pra sekolah (TK)
C4.K.15 : Mengidentifikasi kesukaan dan ketidak sukaan pribadi
C4.K.16 : Mengidentifikasi “bekerja” dan mengakui bahwa semau orang
bekerja
C4.K.17 : Berbagai rasa dan menyimak penuturan rasa orang lain
dengan penuh penghargaan
C4.K.18 : Mengakui bahwa semua karier dapat dilakoni oleh manusia
dari gender apapun
Kelas I Sekolah Dasar (SD)
C4.1.17 : Mengakui bahwa semua karier dapat dilakoni oleh manusia
dari gender apapun
C4.1.18 : Menjalankan giliran memberikan bantuan dalam pengerjaan
tugas yang sederhana dan mendiskusikan perasaan yang
berkaitan dengan kegiatan bimbingan.
C4.1.19 : Mengidentifikasi kesukaan dan ketidak sukaan pribadi
Kelas II Sekolah Dasar (SD)
C4.2.13 : Mengakui bahwa manusia berbeda dalam hal kesukaan, minat
dan talenta
C4.2.14 : Mempertunjukkan kesadaran terhadap martabat dalam semuan
karier
C4.2.15 : Mempertunjukkan pemahaman tentang latar balakang pembagian kerja diantara orang banyak
Kelas III (Sekolah Dasar (SD)
C4.3.11 : Mengakui bahwa setiap orang dapat menyumbangkan sesuatu
untuk orang lain
C4.3.12 : Mengoksplorasi nilai talenta dan menunjukkan tugas-tugas
yang penting
C4.3.13 : Mengidentifikasi sumber rujukan di sekolah dan masyarakat
yang dapat digali untuk memperoleh informasi karier
Kelas IV Sekolah Dasar (SD)
C4.4.11 : Mengidentifikasi tigas tugas seorang pelajar
C4.4.12 : Menggambarkan keserupaan antara peran sebagai seorang
pelajar dengan seorang dewasa yang bekerja
C4.4.13 : Berpartisipasi dalam diskusi tentang hubungan antara minat dengan kapuasan karier
Kelas V Sekolah Dasar (SD)
C4.5.11 : Mengidentifikasi konsep pengelompokkan dan mempelajari
jenis-jenis pekerjaan yang terdapat dalam kelompok-kelompok karier tersebut
C4.5.12 : Mengidentifikasi jenis-jenis pakerjaan yang terdapat dalam kelompok-kelompok karier berdasarkan sejumlah atribut termasuk di dalamnya persyaratan pendidikan
C4.5.13 : Menggambarkan tentang perkembangan karier sebagai proses
bersinambungan dalam satu aneka rangkaian pilihan
Kelas VI Sekolah Dasar (SD)
C4.6.21 : Mengurutkan tiga pekerjaan yang menarik menurutnya untuk
dilakoni sebagai seorang dewasa
C4.6.22 : Menggambarkan keterampilan-keterampilan yang berhubungan
dengan suatu jabatan tertentu
C4.6.23 : mempertunjukkan kesadaran terhadap salah-satu atau lebih
kelompok karier
Kelas VII Sekolah Menengah Tingkat Pertama
C4.7.14 : Sadar akan ketersediaan peluang mengenyam studi di SLTP
C4.7.15 : Mempertunjukkan kesadaran terhadap klasifikasi pekerjaan
C4.7.16 : Mengivestigasikan implikasi stereotype peran;jenis kelamin bagi perencanaan karier
C4.7.17 : Meneliti sejumlah pilihan karier berdasarkan hasil survey
terhadap minat karier
Kelas VIII Sekolah Menengah Tingkat Pertama
C4.8.15 : Memperlihatkan keterhubungan antara karier dengan mata
pelajaran di SLTP
C4.8.16 : Mengingat pilihan karier yang dikembangkan berdasarkan
tinjauan terhadap minat karier
C4.8.17 : Menginvestigasikan opsi karier melalui wawancara dengan
salah seorang pekerja pada bidang yang dipilih
Kelas IX Sekolah Menengah Tingkat Pertama
C4.9.17 : Sadar dan memanfaatkan sumber-sumber daya yang tersedia di
SLTP dan pusat sumber daya karier
C4.9.18 : Menyadari kecakapan, keterampilan, minat, pengalaman dan
nilai yang dimilikinya dapat berhubungan dengan berbagai
opsi kariernya
C4.9.19 : Mengejar hobi dan bidang ekstrakurikuler yang diminati
Kelas X Sekolah Menengah Tingkat Atas
C4.10.14 : Merampungkan survey terhadap minat karier
C4.10.15 : Banyak mengetahui tentang manfaat materi dan kelengkapan
karier serta sumber rujukan yang terkait
C4.10.16 : Menginvestigasi karier individual didasarkan pada hasil
tunjauan terhadap minat dan pengetahuan tentang aneka
kelompok karier
C4.10.17 : membuat keputusan perencanaan karier yang terdidik
Kelas XI Sekolah Menengah Tingkat Atas
C4.11.16 : Menilai kekuatan didasarkan pada tampilan di SLTA
C4.11.17 : Mengingat hal-hal yang diperlukan untuk memenuhi
persyaratan kelulusan
C4.11.18 : Merancang tujuan jangka pendek dan jangka penjang
C4.11.19 : Menggeluti dan mengembangkan beberapa kompetensi pada
bidang karier yang diminati
Kelas XII Sekolah Menengah Tingkat Atas
C4.12.13 : Melengkapi penilaian karier untuk mengidentifikasi
jabatan potensial yang selaras dengan minat, nilai dan
kecakapan
C4.12.14 : Menyimpulkan pentingnya tanggung jawab, sifat yang dapat
diandalkan, ketepatan waktu, integritas dan usaha ditempat
kerja.
Tujuan 5 Sukses Karier
“Para siswa dapat memanfaatkan berbagai strategi untuk meraih kesuksesan dan kepuasan karier di masa depan.”
Peserta didik dapat
Taman Kanak-kanan (TK-Pra sekolah)
C5.K.19 : Mengidentifikasi tugas-tugas yang ada di dalam kelas
C5.K.20 : Mengakui bahwa semua orang bekerja baik di rumah maupun
ditempat kerja
C5.K.21 : Memandang peran seorang pelajar sebagai suatu tugas
penting
Kelas I (Sekolah Dasar)
C5.1.20 : Mengidentifikasi dan menggambarkan berbagai tanggung
jawab/tugas di rumah
C5.1.21 : Mengenali pentingnya pembuatan rencana
C5.1.22 : Mengenali tugas-tugas pekerjaan para karyawan sekolah dan
pekerja komunitas
Kelas II Sekolah Dasar (SD)
C5.2.16 : Mendefinisikan istilah kerja/karier
C5.2.17 : Mengurutkan beragam pilihan sesuai situasi yang disodorkan
C5.2.18 : Mengurutkan tiga pertimbangan alasan seseorang memilih
suatu pekerjaan
C5.2.19 : Mengidentifikasi tiga factor penting dalam pemilihan
jabatan
C5.2.20 : Mengidentifikasi narasumber informasi karier di sekolah
dan masyarakat
C5.2.21 : Mendefinisikan konsep tentang masa depan
C5.2.22 : Memproyeksikan hasrat yang muncul terhadap masa depan yang
berdekatan dengan masa kini
Kelas III Sekolah Dasar (SD)
C5.3.14 : Mengenali bahwa pilihan pekerjaan/karier dipengaruhi oleh
minat dan kecakapan
C5.3.15 : Mendefinisikan aktivitas hobi dan pengisi waktu senggang
C5.3.16 : Mengeksplorasi peran-peran yang dapat memacu pemebelajaran
keterampilan baru dan merengkuh pengalaman baru
Kelas IV Sekolah Dasar (SD)
C5.4.14 : Mengidentifikasi hobi pribadi dan aktivitas pengisi waktu
senggang yang berhubungan dengan minat dan kecakapan
C5.4.15 : Mendifinisikan konsep “masa depan” dan membayangkan bidang
karier yang mungkin akan disukainya di masa depan
C5.4.16 : Memaparkan tentang cara bekerja mambantu para siswa agar
mencapai kesuksesan pribadinya
Kelas V Sekolah Dasar (SD)
C5.5.14 : Menghubungkna hobi pribadi, aktivitas pengisi waktu luang
dan kecakapan akademik dengan pilihan karier
C5.5.15 : Menilai minat, kecakapan, kekuatan dan kelemahan sendiri
C5.5.16 : Mengembangkan kesadaran terhadap peluang-peluang karier
Kelas VI Sekolah Dasar (SD)
C5.6.24 : Menguraikan efektifitas keputusan yang telah dibuat
C5.6.25 : Menyatakan lima tujuan yang hendak diraih dalam jangka
waktu lima tahun
C5.6.26 : Menguji nilai aturan yang berlaku ditempat kerja dan di
sekolah
Kelas VII Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)
C5.7.18 : Sadar akan ketersediaan peluang-peluang melanjutkan ke
SLTP
C5.7.19 : Sadar akan beberapa klasifikasi pekerjaan
C5.7.20 : Menginvestigasi implikasi stereotip peran;jenis kelamin
dan perencanaan karier
Kelas VIII Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)
C5.8.18 : Mengeksplorasi peluang dan persyaratan jurusan bidang
studi pada program di SLTA
C5.8.19 : Menghubungkan antara angka skor tes (tes standarisasi)
dengan rekomendasi tingkat jurusan bidang studi
C5.8.20 : Mempertunjukkan pengetian tentang program akademik dan
kejuruan yang ditawarkan di SLTA
Kelas IX Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)
C5.9.20 : Mereview sumber-sumber rujukan informasi karier yang
dimanfaatkan di kelas VII dan VIII
C5.9.21 : Mengenali keguanaan penyelenggaraan tes (tes standarisasi)
dan penilaian lainnya dalam perencanaan pribadi
C5.9.22 : Memperlihatkan pengetahuan terhadap Connecticut`s career
clusters
C5.9.23 : Mengembangkan portofolio perencanaan karier
Kelas X Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)
C5.10.18 : Mengidentifikasi kecakapan, minat dan nilai anutan yang
berhubungan dengan perencanaan karier
C5.10.19 : Membandingkan sikap dan perilaku yang berkontribusi
terhadap bias gender dan penstereotipan pola karier antara
laki-laki dan perempuan
C5.10.20 : Mengenali pekerjaan tradisional dan non-tradisional dalam
kaitannya dengan pilihan karier
C5.10.21 : Memperlihatkan pengetahuan terhadap program Tech Prep of
Careeer Exploration
C5.10.22 : Menggeluti pengalaman dalam bersekolah semisal banyangan
kerja, magang dan wawancara kerja yang terlingkup sebagai
upaya membantu proses pengambilan keputusan
C5.10.23 : Menilai dan merevisi portofolio perencanaan karier
Kelas XI Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)
C5.11.20 : Mengembangkan rencana karier pribadi untuk masa depan,
mempertimbangkan berbagai minat, bakat dan kecakapan
C5.11.21 : Mendiskusikan implikasi tipe dan kejis kelamin dan
perencanaan karier
C5.11.22 : Mengenali keperluan perubahan ekonomi dan masyarakat
dalam pengaruhnya terhadap tren pekerjaan dan peluang kerja
C5.11.23 : Menilai dan memodifikasi pemprograman akademik agar dapat
menyokong tujuan karier
C5.11.24 : Menilai dan merevisi portofolio perencanaan karier
Kelas XII Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)
C5.12.15 : Menggunakan berbagai strategi untuk mencapai sukses dan
kepuasan karier masa depan
C5.12.16 : Menerapkan keterampilan pengambilan keputusan untuk
merencanakan dan transisi karier
C5.12.17 : Mengevaluasi ulang keterampilan personal, minat dan
kecakapan serta mengambil langkah tepat selanjutnya menuju
persiapan karier pada SLTA
C5.12.18 : Memanfaatkan keterampilan pengambilan keputusan yang
sudah dikembangkan untuk merencanakan masa depan jangka
pendek dan jangka panjang
C5.12.19 : Mempraktekkan keterampilan pengambilan keputusan yang
sudah dipelajari dalam perencanaan pasca lulus
C5.12.20 : Mengidentifikasi dan merampungkan langkah-langkah menuju
transisi dari SLTA menuju pelatihan atau kerja pasca SLTA
FORMAT B1
SATUAN LAYANAN KEGIATAN
KONSELING KARIER
No
|
Aspek-aspek
| |
1
|
Mata Layanan
|
: Layanan Dasar/Kurikulum bimbingan /layanan Responsif
|
2
|
Bidang Bimbingan
|
: Karier
|
3
|
Jenis Bimbingan
|
: Individu/kelompok
|
4
|
Standar Kompetensi
|
: disesuaikan dengan ranah kompetensi
|
5
|
Kompetensi Dasar
|
: disesuaikan dengan ranah kompetensi
|
6
|
Indikator
|
: disesuaikan dengan ranah kompetensi
|
7
|
Tujuan
|
: disesuaikan dengan ranah kompetensi
|
8
|
Materi
|
: disesuaikan dengan ranah kompetensi
|
9
|
Metode dan Teknik
|
: disesuaikan dengan ranah kompetensi
|
10
|
Alat/bahan
|
: disesuaikan dengan ranah kebutuhan kompetensi
|
11
|
Kelas
|
:
|
12
|
Semester
|
:
|
13
|
Teknik
|
:
|
(a). psikoanalisis; (b). Adlerian; (c). Terpusat pada Konseli; (d). Gestalt; (e). Rasional Emotif Belief Therapy (REBT); (f). Analisis Transaksional; (g). Behavioral; (h). Realitas; (i). Cognitive-behavioral
| ||
14
|
Eksperiensi:
| |
Langkah-langkah kegiatan (jelaskan secara rinci sesuai dengan teknik yang digunakan)
a. Tahap Awal (Beginning)
b. Tahap Transisi (Transition)
c. Tahap Kerja (Working)
d. Tahap Akhir (Termination)
| ||
15
|
Identifikasi
| |
Refleksi tahap satu untuk mengukur kemampuan konselor dalam mengajukan pertanyaan reflektif guna membawa konseli kearah iddentifikasi pengalaman (look) konseli pasca pelatihan (what happened) (kemukakan empat atau lima pertanyaan untuk melaksanakan refleksi pada tahap identifikasi)
| ||
16
|
Analisis
| |
Repleksi tahap dua untuk mengukur kemampuan konselor dalam mengajukan pertanyaan replektif guna membawa konseli untuk memikirkan (think) makna pengalaman pelatihan bagi pemecahan masalah yang dihadapi oleh konseli (so what). (kemukakan empat atau lima pertanyaan untuk melaksanakan refleksi pada tahap analisis)
| ||
17
|
Generalisasi
| |
Refleksi tahap tiga untuk mengukur kemampuan konselor dalam mengajukan pertanyaan refleksi guna mambawa konseli kea rah pembuatan rencana perbaikan (plan) kelamahan dirinya (now what). (kemukakan empat atau lima pertanyaan untuk melaksanakan refleksi pada tahap generalisasi
| ||
18
|
Evaluasi dan Tindak Lanjut
|
FORMAT B2
SATUAN LAYANAN KONSELING KARIER
KOMPONEN
Mata Layanan : Layanan Dasar/layanan responsive
Bidang Bimbingan : Karier
Jenis Bimbingan : Bimbingan/Konseling pribadi/konseling kelompok
Standar Kompetensi :
Tujuan :
Kompetensi Dasar :
Indikator :
Materi :
Metode dan Teknik :
Alat/bahan :
LANGKAH-LANGKAH
Awal
- Pernyataan Tujuan :
- Pembentukan kelompok :
- Konsolidasi :
Transisi
Resolusi Konflik (Storming):
...........................:
Kerja
Eksperientasi :
Identifikasi :
Analisis :
Generalisasi :
Terminasi
Refleksi Umum :
Tindak Lanjut
KETERANGAN
Mata layananLayanan Dasar/ kurikulum bimbinganBidang bimbinganKarierJenis bimbinganbimbingan/konseling individu/konseling kelompokStandar KompetensiKompetensi umum yang hendak dicapai dalam proses konseling yang diturunkan dari standar kemandirina ABKIN atau dari rumusan kompetensi lainnya.TujuanDirumuskan sendiri oleh konselor, atau dikutip dari rumusan kompetensi lainnya
Kompetensi dasarkompetensi khusus yang hendak dicapai dalam proses konseling dirumuskan sendiri oleh konselor atau dikutip dari rumusan kompetensi lainnya
Indikatordijabatkan sendiri berdasarkan pada standar kompetensi yang ingin dicapai
Materidijabarkan sendiri oleh konselor
Metode dan teknikditetapkan sendiri oleh konselor yang disesuaikan dengan persoalan yang dikaji
Alat/bahanMedia penyampaian bimbingan/konseling; lampiran materi dst
AWAL
Penyatuan tujuanPenyampaian tujuan konseling, kompetensi yang ingin dicapai, materi dan skenario kegiatanPembentukan KelompokProses pembentukan kelompokKonsolidasiTahap dimana konselor memberi kesempatan pada anggota kelompok untuk melakukan konsolidasi atas tugas-tugas dalam melaksanakan konselingTRANSISI
Stormingtahap dimana konselor melakukan penanganan konflik-konflik internal yang disebabkan