JUKNIS PERKULIAHAN BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER

 PROSEDURAL PERTEMUAN

  1. Seluruh audiensi memakai penomoran yang telah dipersiapkan (kecuali kelompok penyaji)
  2. Jika penyaji adalah kelompok satu maka, kelompok dua menjadi TIM observer; jika penyaji adalah kelompok dua maka, kelompok tiga menjadi menjadi TIM observernya dst.
  3. Mahasiswa yang bertindak sebagai penyaji (pemakalah) mengambil tempat dan menyerahkan hasil kerja.
  4. TIM observer mengambil dan menyerahkan catatan lembar observasi masing-masing.
  5. Perkuliahan berlangsung atas 4 sesi yaitu (Sesi 1 pemakalah mempresentasikan hasil kerja (dipandu oleh moderator) 15 menit; Sesi 2 memberikan kesempatan kepada 3 orang audiensi untuk bertanya; membuat konfrontasi/pertentangan/ketidak sepakatan; memberikan masukan; serta memberikan penguatan 20 menit; Sesi 3 notula membacakan hasil catatannya, sesi 4 penguatan dosen pengampu).
  6. Masing-masing kelompok membentuk ketua dan notulis serta nama kelompok masing-masing (diambil dari nama-nama pendidikan dan atau nama-nama pekerjaan) yang disepakati bersama, Jika pemakalah adalah kelompok 1 maka ketua kelompok 2 berhak menjadi moderator dan notulis kelompok 2 menjadi notulanya. Jika pemakalah adalah kelompok 2 maka, ketua kelompok 3 berhak menjadi moderator dan notulis kelompok 3 menjadi notulanya.dst.
  7. Jika moderator dan notulis berhalangan hadir dan atau belum siap maka, kelompok lain dan atau audiensi mempunyai hak yang sama untuk menempati posisi tersebut.

 TUGAS KELOMPOK PENYAJI

  1. Mempresentasikan hasil kerja melalui powerpoint diakhiri daftar pustaka dan ditutup 1 slide foto kelompok (lihat cara penulisan ilmiah daftar pustaka yang diambil dari buku, jurnal, internet, dsb)
  2. Printout powepoint dimaksud dengan mencantumkan nama kelompok, diikuti logo UNJA, nama-nama kelompok yang dimulai dari barisan foto sebalah kiri, dan tahun (tidak ada penambahan bingkai/ disesuaikan dengan etika penulisan ilmiah)
  3. Bahan/materi diambil dari materi yang telah diposting di blog ini, namun masing-masing kelompok agar dapat lebih advans/ lebih memahami materi masing-masing kelompok. (dipersilahkan menggunakan literature pendukung lainnya dengan memperhatikan pokok bahasan materi masing-masing kelompok dan mencantumkan kedaftar pustaka

TUGAS-TUGAS OBSERVER

Observer mencatat kejadian-kejadian penting saat perkuliahan berlangsung (contoh; audiens/mahasiswa yang mengganggu teman disampingnya; peserta/mahasiswa yang kurang aktif, peserta/mahasiswa yang menyibukkan dirinya sendiri dst. Kejadian-kejadian tersebut dicatat di lembar observasi dengan mencatat nomor yang dikenakannya diikuti penjelasan tentang kejadian/peristiwa saat perkuliahan berlangsung. catatan observer merupakan kredibilitas observer itu sendiri; banyaknya/jumlah catatan observer merupakan cerminan pemahaman observer terhadap lingkungan observer itu sendiri. (bagian penilaian individu).

TUGAS-TUGAS KELOMPOK AUDIENSI

  1. Memiliki bahan materi pertemuan
  2. Kelompok audiensi mempunyai hak yang sama membuat kesimpulan materi pertemuan yang ditulis di kertas kosong diikuti nama kelompok, nama anggota kelompok, nim, kelas dan prodi. (bagian penilaian kelompok)

Sistematika Penilaian

  • Kelompok (sajian pemakalah;kekompakan; ideologi pemilihan nama kelompok; dan kesimpulan yang diangkat oleh kelompok audiensi)
  • Individu

Catatan

Nilai tambahan diberikan kepada; moderator (kearifan, dan profesionalisme saat memimpin) ;notula (lembar catatan yang lazim);dan 3 orang penanya (great dan kompleksitas ungkapan.
Share this article :
 
Comments
0 Comments
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muhamad Hamdi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger