PROSEDURAL PERTEMUAN
- Seluruh audiensi memakai penomoran yang telah dipersiapkan (kecuali kelompok penyaji)
- Jika penyaji adalah kelompok satu maka, kelompok dua menjadi TIM observer; jika penyaji adalah kelompok dua maka, kelompok tiga menjadi menjadi TIM observernya dst.
- Mahasiswa yang bertindak sebagai penyaji (pemakalah) mengambil tempat dan menyerahkan hasil kerja.
- TIM observer mengambil dan menyerahkan catatan lembar observasi masing-masing.
- Perkuliahan berlangsung atas 4 sesi yaitu (Sesi 1 pemakalah mempresentasikan hasil kerja (dipandu oleh moderator) 15 menit; Sesi 2 memberikan kesempatan kepada 3 orang audiensi untuk bertanya; membuat konfrontasi/pertentangan/ketidak sepakatan; memberikan masukan; serta memberikan penguatan 20 menit; Sesi 3 notula membacakan hasil catatannya, sesi 4 penguatan dosen pengampu).
- Masing-masing kelompok membentuk ketua dan notulis serta nama kelompok masing-masing (diambil dari nama-nama pendidikan dan atau nama-nama pekerjaan) yang disepakati bersama, Jika pemakalah adalah kelompok 1 maka ketua kelompok 2 berhak menjadi moderator dan notulis kelompok 2 menjadi notulanya. Jika pemakalah adalah kelompok 2 maka, ketua kelompok 3 berhak menjadi moderator dan notulis kelompok 3 menjadi notulanya.dst.
- Jika moderator dan notulis berhalangan hadir dan atau belum siap maka, kelompok lain dan atau audiensi mempunyai hak yang sama untuk menempati posisi tersebut.
TUGAS KELOMPOK PENYAJI
- Mempresentasikan hasil kerja melalui powerpoint diakhiri daftar pustaka dan ditutup 1 slide foto kelompok (lihat cara penulisan ilmiah daftar pustaka yang diambil dari buku, jurnal, internet, dsb)
- Printout powepoint dimaksud dengan mencantumkan nama kelompok, diikuti logo UNJA, nama-nama kelompok yang dimulai dari barisan foto sebalah kiri, dan tahun (tidak ada penambahan bingkai/ disesuaikan dengan etika penulisan ilmiah)
- Bahan/materi diambil dari materi yang telah diposting di blog ini, namun masing-masing kelompok agar dapat lebih advans/ lebih memahami materi masing-masing kelompok. (dipersilahkan menggunakan literature pendukung lainnya dengan memperhatikan pokok bahasan materi masing-masing kelompok dan mencantumkan kedaftar pustaka
TUGAS-TUGAS OBSERVER
Observer mencatat kejadian-kejadian penting saat perkuliahan berlangsung
(contoh; audiens/mahasiswa yang mengganggu teman disampingnya;
peserta/mahasiswa yang kurang aktif, peserta/mahasiswa yang menyibukkan
dirinya sendiri dst. Kejadian-kejadian tersebut dicatat di lembar
observasi dengan mencatat nomor yang dikenakannya diikuti penjelasan
tentang kejadian/peristiwa saat perkuliahan berlangsung. catatan
observer merupakan kredibilitas observer itu sendiri; banyaknya/jumlah
catatan observer merupakan cerminan pemahaman observer terhadap
lingkungan observer itu sendiri. (bagian penilaian individu).
TUGAS-TUGAS KELOMPOK AUDIENSI
- Memiliki bahan materi pertemuan
- Kelompok audiensi mempunyai hak yang sama membuat kesimpulan materi pertemuan yang ditulis di kertas kosong diikuti nama kelompok, nama anggota kelompok, nim, kelas dan prodi. (bagian penilaian kelompok)
Sistematika Penilaian
- Kelompok (sajian pemakalah;kekompakan; ideologi pemilihan nama kelompok; dan kesimpulan yang diangkat oleh kelompok audiensi)
- Individu
Catatan
Nilai tambahan diberikan kepada; moderator (kearifan, dan profesionalisme saat memimpin) ;notula (lembar catatan yang lazim);dan 3 orang penanya (great dan kompleksitas ungkapan.