Pertemuan XII BK Kelompok Pendidikan



Beberapa orang berpikir bahwa istilah kelompok merujuk pada konseling atau sebuah terapi kelompok untuk individu yang bermasalah. Ada banyak perbedaan dari jenis-jenis kelompok dengan babagai tujuan, seorang pemimpin dapat membentuk kelompok untuk membahas dan memutuskan sesuatu, mengeksplorasi masalah pribadi, menyelesaikan tugas tertentu atau tujuan tertentu. The Association for Specialists in Group Work (ASGW) menetapkan standar untuk empat jenis kelompok yaitu: kelompok bimbingan/ psychoeducational; konseling/ pemecahan masalah antar pribadi; psikoterapi/ rekonstruksi kepribadian; dan tugas/ kelompok pekerja Gladding (Jacobs, et al, 2012: 5). Lebih lanjut dikatakan jenis kelompok meliputi: bimbingan kelompok; konseling kelompok; kelompok psikoterapi dan beberapa dalam kategori tradisional.

Dalam hal ini Prayitno (1995: 18) menyatakan jenis-jenis kelompok dibedakan atas pengklasifikasian “dua tipe” atau “dua arah” yang satu merupakan kebalikan dari yang lain. Dalam pengklasifikasiannya dikenal dengan kelompok primer dan sekunder, kelompok sosial dan kelompok psikologikal, kelompok terorganisasi dan kelompok tidak terorganisasi, kelompok formal dan kelompok informal dan sebagainya.

Selanjutnya Jacobs, et al (2012: 5) mengklasifikasikan tujuh kategori kelompok meliputi:

  1. Kelompok Pendidikan
  2. Kelompok Diskusi
  3. Kelompok Tugas
  4. Pertumbuhan dan pengalaman
  5. Konseling kelompok dan terapi kelompok
  6. Kelompok Dukungan
  7. Kelompok swadaya.

A. Kelompok Pendidikan


Contoh yang termasuk dalam kelompok pendidikan seperti; kelompok yang mempelajari bagaimana menggunakan kursi roda; kelompok peserta didik yang mempelajari keterampilan tertentu; kelompok orang yang mengalami diabetes mendapatkan informasi tentang nutrisi; kelompok perempuan yang mempelajari bagaimana melindungi diri dari perbuatan yang tidak baik; kelompok manajer yang mempelajari bagaimana melakukan pengawasan yang lebih baik terhadap karyawan; kelompok peserta didik yang mempelajari tentang dampak buruk dari penggunaan narkoba.


Dalam kelompok pendidikan seorang pemimpin menyampaikan sejumlah informasi yang selanjutnya diikuti dengan reaksi dan komentar para anggota, dalam layanannya adakalanya seorang pemimpin berperan sebagai pendidik dan dilain kesempatan dapat berperan sebagai fasilitator diskusi, merupakan hal yang sangat penting untuk konsep dua peran tersebut, tidak ada rumusan baku harus berapa banyak seorang pemimpin beperan sebagai pendidik atau sebagai fasilitator diskusi, peran tersebut sangat bergantung pada hal-hal seperti jumlah informasi yang dibahas, jumlah pengetahuan yang dimiliki oleh para anggota, serta jumlah waktu yang tersedia. Demikian juga halnya tidak adanya bentuk formula untuk jumlah sesi atau panjang pertemuan, namun kelompok pendidikan sering kali diadakan dalam satu pertemuan selama 2 sampai 8 jam, namun adapula yang mengadakan pertemuan mingguan yaitu 1 atau 2 jam perminggunya, hal tersebut tentunya berangkat dari pertimbangan dari kebutuhan kelompok itu sendiri.


Contoh jenis kelompok pendidikan.

Kelompok ini terdiri dari 8 orang peserta didik yang menginginkan tips bagaimana untuk belajar lebih efisien, berlangsung selama 20 menit pada sesi pertama

Pemimpin      

Oke, mari kita membicarakan cara yang berbeda bagaimana mempelajari bab dalam bentuk teks. Cara apa yang akan anda lakukan?

Jerry              

Ya saya akan langsung membacanya dan membaca yang bergaris bawah

Bill                 

Ya, saya akan melakukan hal yang sama

Kevin             

Saya akan mencoba merangkum secara garis besar, em, tapi itu membuatku menjadi lama

Bobbi             

Saya akan membacanya dua kali dengan harapan akan menjadi lebih baik


Pemimpin      

Izinkan saya memberikan beberapa ide, salah satu hal yang terbaik yang dapat anda lakukan adalah duduk dan membaca bab secara sepintas dan menemukan ide pokok apa yang ingin anda baca, seringkali ada ringkasan di akhir tiap-tiap bab, lalu temukan jenis pertanyaan yang mungkin akan dipertanyakan guru, jika perlu cocokkan pertanyaan tersebut dengan bentuk-bentuk pertanyaan yang pernah guru berikan sebelumnya. Bagaimana menurut anda?

Becky            

Ya, tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk membacanya secara sekilas

Jim                 

Saya setuju ide itu

Chu               

Saya juga, apakah anda menyarankan menggaris bawahi, atau membuat catatan atau apa?

Pemimpin      

Saya menyarani menulis sebuah pertanyaan dari ringkasan dan kemudian menggaris bawahi jawabannya, tapi kebanyakan orang-orang tidak belajar dari menggaris bawahi saja

Kevin             

Bagi saya itu benar, menggaris bawahi tidak membantu saya, tapi ketika saya mengambil catatan apa yang saya baca, saya bisa mengingatnya lagi.

Jim                 

Yeah, saya suka ide itu, saya juga pernah menggaris bawahi, tapi itu tidak membantu saya pikir akan lebih baik membuat catatan.

Peran pemimpin dalam kelompok ini adalah menawarkan saran-saran dan ide-ide yang membantu mengenai cara belajar dan menjadikan para anggota untuk dapat saling berbagi metode belajar yang pernah dilakukan baik metode yang terbukti bagus atau metode yang sama sekali tidak membantu.

■ ■ ■


Kelompok ini terdiri dari lima perempuan yang beratnya lebih dari 200 pound. Tujuan kelompok ini adalah untuk mengedukasikan para anggota tentang metode modifikasi perilaku menurunkan berat badan. Ini adalah pertemuan kedua, dengan waktu 10 menit dalam sesi.

Pemimpin      

Keluarkanlah daftar hal-hal selain makanan yang memperkuat keinginan anda, mari kita bicarakan hal tersebut.

Rhonda         

Saya menyadari bahwa saya suka membaca, meskipun saya tidak melakukannya, dan ada tiga atau empat acara TV yang saya suka. Saya juga memasukkan dalam daftar saya bahwa saya memiliki dua teman yang kembali tinggal di Missouri, saya sangat ingin menelefonnya tapi tidak pernah terlaksana.

Phyllis            

Astaga, itu aneh. Saya juga memiliki beberapa teman yang tinggal di California yang saya teramat ingin meneleponnya. Hal lain yang saya inginkan untuk mengendalikan berat badan ialah berjalan di pagi hari. Kenyataannya saya tidak pernah melakukan perjalanan baik tersebut di pagi hari selama lebih dari satu tahun.

Sally               

Oh, saya sama dengan anda! saya bangun pagi tapi saya hanya duduk-duduk dan menonton berita.

Pemimpin      

saya berharap kalian berdua akan berbicara setelah pertemuan untuk melakukan hal tersebut, bagaimana dengan yang lainnya? Margie. Bagaimana dengan anda?

Margie

Daftarku tidak masuk akal.

Pemimpin      

Apakah maksudmu bahwa daftar aktivitasmu aneh, atau belum melakukannya dengan sungguh-sungguh? Saya tidak tahu pasti apa yang anda maksudkan.

Margie           

Ya, saya mempunyai hal-hal seperti tidur, olahraga, mencuci mobil saya, membersihkan rumah, anda tahu hal-hal bodoh seperti itu kan.?

Pemimpin      

Saya benar-benar tidak melihatnya sebagai hal yang aneh, bahkan dalam kenyataannya, mari membicarakan lebih lanjut bagaimana anda dapat menggunakan daftar penguat anda untuk membantu anda, ijinkan saya mengambil beberapa teori……

Berdasarkan contoh di atas pemimpin bertanggung jawab sebagai edukator memberikan sejumlah informasi dan memfasilitasi interaksi dengan mengusungkan sebuah topik. Mengklarifikasi komentar, dan membuat para anggota untuk saling berbagi.
referencess
Rasimin, Hamdi, M (2018)  Bimbingan dan Konseling Kelompok, Jakarta: Bumi Aksara
Share this article :
 

12 komentar :

  1. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK
    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah

    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : AGEN BANDARQ NagaQQ
    WHATSAPP : +855967014811
    PIN BB : 2B209F68

    DOWNLOAD APLIKASI PKV MOBILE
    DOWNLOAD PKV ANDROID
    DOWNLOAD PKV IPHONE

    BalasHapus
  2. Selamat atas kelahiran bukunya pak hamdi

    BalasHapus
  3. lumayan dapat referensi baru ni, salam pak hamdi

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum, Jadi ingat belajar sama bapak,bagaimana kabarnya bapak,

    BalasHapus
  5. sangat membantu khususnya kami sebagai guru bk dalam memberikan bimbingan kelompok, terima kasih pak hamdi salam santun

    BalasHapus
  6. izin copas pak hamdi hee,, maksudnya untuk tambahan referensi lumayan sebagai praktisi pemula, salam

    BalasHapus
  7. sangat membantu pak, semoga bapak hamdi selalu sehat Amin Yrob

    BalasHapus
  8. kemarin pak kami ke gramedia, masih ada buka bapak 2 lagi, ee..tadi sore rencana mau beli udah gak kebagian lagi,,

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum, pak Hamdi pengetahuan nya memang luar biasa, tapi jaga kesehatan nya pak Hamdi,membaca buku di saat malamnya barangkali perlu dikurangipak, sehat selalu pak.

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muhamad Hamdi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger