IKMS (Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa)



Secara umum, pelayanan bimbingan dan konseling (BK) didasarkan pada kebutuhan dan permasalahan yang secara aktual obyektif dan actual prediktif dirasakan dan dihadapi oleh peserta didik. Aktual obyektif bisa diperoleh dengan memberikan aplikasi instrumentasi berupa tes dan non tes, sedangkan asumtif prediktif dapat dilakukan dengan cara menganalisis hasil pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling yang telah lalu, kemudian dimasukkan layanan-layanan yang sekiranya dibutuhkan oleh peserta didik. IKMS juga berguna untuk menyusun program BK berdasarkan identifikasi kebutuhan dan masalah peserta didik yang diidentifikasi menurut bidang masalahnya.

IKMS dibuat berdasarkan pada 13 kelompok masalah yang sering dihadapi para peserta didik. Disusun berdasarkan 4 bidang dan 9 Jenis layanan BK dengan jumlah keseluruhan ada 180 pernyataan. Instrumen IKMS ini juga dilengkapi dengan alat analisa dalam bentuk program Excel, yang bisa membantu dalam mengumpulkan data, menganalis dan sekaligus menyusun program tahunan, program semester, bulanan, sampai pada program mingguan.

Secara khusus, perangkat IKMS ini bertujuan untuk membantu para guru BK dan atau konselor dalam menyusun program BK baik program tahunan, semesteran, bulanan sampai pada program mingguan yang dibantu dengan perangkat komputer. Melalui program Excel hingga dapat mempermudah dalam mengumpulkan data, menganalisis sampai pada penyusunan program.

Cara pengadministrasian IKMS yaitu sebagaio berikut

  1. Peserta didik diminta menuliskan identitasnya secara lengkap sesuai dengan format isian yang disediakan dalam lembar jawaban IKMS.
  2. Peserta didik diminta membaca daftar masalah dengan teliti dan memberi tanda silang (X) pada nomor di lembar jawaban yang sesuai dengan keadaan diri peserta didik sekarang.
  3. Bila ada permasalahan lain yang tidak terdapat dalam daftar masalah, dapat diisikan pada kolom titik-titik yang disediakan dalam lembar jawaban.
  4. Peserta didik diminta membaca kembali semua jawabannya, kemudian mencantumkan nomor-nomor yang dirasa sangat berat atau sangat mengganggu pada kolom yang disediakan dalam lembar jawaban
  5. Memotivasi peserta didik agar dapat mengerjakan dengan jujur dan memberikan jaminan kerahasiaan akan semua jawabannya.
  6. Waktu yang diberikan kepada peserta didik setara dengan satu jam pelajaran atau 45 menit.
Share this article :
 

6 komentar :

  1. Kunjungan balik saya Mas. Wah....saya jadi ingat dengan guru BK saya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih pa atas pencerahannya

    BalasHapus
  3. apa maksud dari kepanjangan
    di kolom IKMS. ada P, s, B,K

    BalasHapus
  4. pak bagaimana cara penskoran pada lembar jwb ikms?

    BalasHapus
  5. kak bagaimana cara mengisi kolom skoring

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muhamad Hamdi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger